Wednesday, 16 November 2011

Kalajengking Cambuk (theliphonyda)

126 comments
Apakah anda pernah menemukan hewan seperti ini di rumah anda?



hmmm, hewan tersebut tampak menyeramkan dengan kedua capit dan ekor yang menyerupai cambuk. Sebenarnya, hewan unik ini termasuk keluarga dari kalajengking, biasa disebut dengan kalajengking cambuk dikarenakan ekornya yang menyerupai cambuk.

Bagi anda yang pernah menemukan hewan ini di rumah anda dan merasa aneh dengan bentuknya, berikut ini saya akan memberi penjelasan sedikit tentang hewan ini ...

Kalajengking Cambuk (theliphonyda)

Kalajengking Cambuk atau di Indonesia sendiri sering disebut dengan Ketonggeng adalah sekelompok hewan beruas mirip kalajengking namun memiliki semacam "cambuk" di bagian belakangnya, alih-alih sengat. Semua ketonggeng termasuk ke dalam bangsa Thelyphonida. Sebelumnya, ordo ini digabung bersama Schiyomida membentuk ordo Uropygi. Dalam bahasa Inggris hewan ini disebut "whip scorpions" (kalajengking cambuk).

Bentuk Fisik 





Hewan ini mudah dikenali dari warnanya yang gelap, memiliki bagian depan mirip kalajengking (lengkap dengan sepasang capit di sekitar kepala), namun tidak memiliki "ekor" dengan ujung sengat seperti kerabatnya itu, ekornya menyerupai sebuah jarum kecil berwarna coklat. Panjang badannya antara 10 - 15cm Bagian abdomennya (disebut sebagaipygidium) dilengkapi dengan organ berbentuk cambuk (flagellum) memanjang yang agak kaku.

Ketonggeng (Whiptail Scorpion / theliphonyda) dikenal juga Vinegaroon (vine= cuka) karena ketika terancam, dia akan mengeluarkan macam2 zat asam dari perutnya termasuk asam semut (asam formiat) (CH2O2), klorin dan campuran asam asetat (C2H4O2) dan asam oktanoic (C8H16O2), tergantung dari spesies mereka, dimana zat terakhir yang dikeluarkan berbau seperti asam cuka. Hewan serupa yang termasuk kalajengking cambuk (juga dikenal dengan sebutan kalajengking cambuk tanpa ekor) dan kalajengking cambuk mikro.

Tapi tenang saja ...
Binatang ini tidak berbisa dan juga tidak bisa menggigit, hanya bisa mencapit. Bagi manusia tidak berbahaya sama sekali.
Makanan ketonggeng adalah serangga-serangga, seperti jangkrik, kecoa, dan juga cacing.

Habitat 

Ketonggeng ini biasa ditemukan di daerah tropis dan subtropis pada daerah kering di seluruh dunia. Mereka hilang di Eropa, Australia,  kecuali untuk suatu spesies terlihat di Afrika.  Mereka biasanya menggali lubang bawah tanah dengan pedipalpus mereka, dimana mereka mengankut mangsanya.  Mereka juga mungkin berada pada liang di bawah kayu busuk , batu dan puing-puing alam lainnya. Mereka suka dengan kelembapan, tempat-tempat gelap dan menghindari cahaya.

UPDATE :
Berdasarkan pengalaman dari beberapa orang yang pernah bertemu dengan hewan ini, meskipun tidak berbahaya (tidak mematikan) tetapi capitannya cukup sakit dan cairannya jika terkena kulit dapat menimbulkan rasa panas seperti luka bakar. So, jika bertemu hewan ini hati-hati yaa.

Sumber :

126 comments

Apakah masih ada makanan lain yang bisa dikasih buat kalajengking cambuk saya?

wah.... gw baru nemu 1 gan di dekat rumah... mao gw pelihara ah... TQ infonya Nice gan!

@Edos Coolz : mungkin serangga2 kecil lainnya
@Fred Roronoa : sama2 gan, terima kasih telah berkunjung

dia kira2 bisa tumbuh sebesar apa ya? kan ane nemu nih, ya mungkin species indo kali ya, apa bisa sebesar setengah telapak orang dewasa spt digambar ya??

Maaf kalau boleh tau, kalajengking cambuk berasal dari mana?
Saya tinggal di Bandung, secara tidak sengaja menemukan kalajengking ini di rumah saya.

thank you posting nya..dikamar kost saya di Jakarta udah 2 kali nemu binatang ini, posisiny deket pintu kamar mandi, karena takut digigit & bisa, jadi we disemprotin pake vape. Emang bener nih ngeluarin bau cuka yang menyengat..

gan, baru aja 20 menit lalu ane bunuh 1 kalajengking cambuk di dalam kosan ane. ane getok aja pake sepatu, trus keluar cairan kuning kecoklat-coklatan gitu. abis itu ane bakar pake korek dan ngeluarin bau asem kaya cuka gitu, nyengat banget baunya. karena penasaran sama ini binatang akhirnya ane langsung searching jenis2 kalajengking di mbah google, ternyata ini jenis kalajengking cambuk. nice info gan,,,

ah beneran gak berbahaya nih..? wah bagus lah klo gitu :))
klo berbau cuka,,mirip juga dunk sama kecoa kalo dipites bau nya asem banget hehehe..

Jadi inget Profesor Alastor Moody mempraktekkan "Cruciatus". Jangan jangan itu ketonggeng
Yang nonton Harry Potter pasti tau

Kalau kena capit hewan ini efeknya apa ya?coz di rumah saya lumayan sering ada hewan ini.curiga saya kena capitnya karena gak ngeh ada hewan ini di deket kaki.tx gan

wah..aku pingin bngt punya ketonggeng itu x.x
gak ada yang jual ta ketonggeng ??
klu ada aku pingin beli hehe

aku pingin bangt mlihara ketonggeng itu x.x
dimana yg da jual ketonggeng y ??
lumyan buat nambah2in koleksi kalajengkingku hehe
klu ada yg mw jual ketonggeng kabari aku y

biasa ane sebut nih binatang "asem-asem". Dsini bnyk bgt, hmpir tiap hr ane nemuin. Takut n jijik

dsni bnyk bgt tuh binatang bgtu, hmpir tiap hr nemuin.. serem n jijik. klo sy sebut nih binatang "asem-asem".

wih..asik tuh
mbak da di daerah mna ??
mbak jual brp ? aku beli
tp jangan mahal2 ya hehe

thanks infonya gan.. gw juga nemu di kamar mandi.. kirain serem.. soalnya bau yg dikeluarin bau asam asetat dengan konsentrasi besar jadi ane takut juga.. ternyata aman.. tapi pengen diteliti,, minta refrensi gan...

Thanks infonya gan,, gw pikir binatang ini serem,, soalnya ngeluarin bau yg mirip dgn bau asam asetat dengan konsentrasi besar.. tapi ternyata aman..
Minta refrensi gan tentang binatang ini,, pengen nyari info yg lebih.. thankyou..

Thanks infonya gan,,, minta refrensi tentang binatang ini dong gan... tertarik untuk belajar lebih.. soalnya baunya mirip bau asam asetat dengan konsentrasi yg besar.. thanks..

Bener tuh baunya nyengat banget, lagi tidur tau2 nempel di leher bikin jantungan, untung ngga berbahaya.

ini barusan aja gw injek sampe gepeng..terima ketonggeng mati ga putu?hehe

Syukur deh ga berbahaya, soalnya dirumah sy di bandung ada aja hewannya..misterius bgt , jalannya itu lambat bgt kalo dia merasa aman, tapi kita meleng sedikit mau cari alat buat mukul, eh pergi entah kemana hewannya..trus yg tambah misteriusnya lagi suka ngeluarin bau cuka..thx ya infonya(barusan baru ketemu hewannya lagi, penasaran searching deh hehe)

Nuy

Wah alhamdulilah,saya pikir ini beracun kya kalajengking yg itu,udah serem ja,abis sering bgt nemu beginian di dapur..baru tau jadi ini yg namanya ketonggeng...
Makasi bgt ni info nyah :-)

Syok banget ptama nemu di shower tray kamar mandi! Tengah malam pula, skitar 4 hari yll. Eeeh barusan ke km.mandi nemu lg di tempt yg sama. Sambil gemeteran ambil kertas gue bakar deh! Sambil ktakutan sempat mikir, apa jngn2 ada yg mau jahatin kirim nih binatang yaaa..! Penasaran nih mahluk apaan, nemu jg browsing. Baru kali ini tau yg namanya ketonggeng! Ciuuss boo itu gak berbahaya?!
Tq infonya, stidaknya gw bs tidur deh....

Wkwkwkwkkw
Di rumah ane langganan mah creature ini, slalu dibunuh.
Padahal bisa jadi pembasmi kecoa alami tuh creature

Barusan lewat di kaki ane gan. kirain kecoa eh tau2 kalajengking. sempet shock juga, langsung bangunin nyokap yg lagi tidur, ambil obat serangga, semprot ampe si hewan menyeramkan ini sampe dia mati, buang ke got, siram pake air, nganyuutt dah.. Ane kira binatang ini beracun gan, soalnya buntutnya itu loh kayak jarum suntik, kalo ke "encus" kan bisa berabe.. Penasaran pengen tau ini jenis kalajengkin apaan langsung searching di mbah google, eh ketemu blog agan. Thanx ya gan infonya, berguna banget.

Capek dech........

dirumah saya banyak gan sekalinya muncul bisa sampe 3 cara ngilangin itu binatang gimana ya gan?

Thx bgttt infonya ... baru pindahan rmh mlm2 tau ad binatang ky jangkrik atau kcoak tp kok ada cupitnya. Ky kalajengking tp kok buntutny jarum. Alih2 takut beracun search aja...eh tyt gag bracun ya. Soalnya py empus dirmh jg haha.

nii W baru nemu ketonggeng, lg W mainin, W biarin ngrambat2 ditangan+badan W..hihi..geli.. :p
ada yg mau.??

jadi binatang yang berkeliaran di rumah saya itu bernama kalajengking cambuk..trims infohnya

ealahhhh..namanya kalajengking cambuk, banyak berkeliaran di rumah.

itu binatang sering ada di rumah ane gan.. dari yang kecil ampe gede.. kalau di matiin emang bauknya ga ketulungan, tapi ati" walaupun ga beracun.. waktu beberapa hari kmaren ada ketonggeng di celana ane di sekitar betis sangkain apaan ane cuman kepruk" aja celana.. entah di capit atau kena buntutnya.. alhasil sekitar betis panas dan bekas lukanya kayak luka bakar.. jangan di garuk yang ada tambah panjang karena gatal dan panas itu.. cuman klo dah kering jadi borok aja ntar juga ilang..
itu pengalaman ane gan..

@saputra : wahh walaupun gak mematikan tapi tetap perlu diwaspadai ya gan.

Saya ada tuh 1 dirumah ,kira2 harga ketonggeng brp'an ya?

ini mang gak berbisa... tapi klo sempat di capit.. rasanya kayak kebakar...lumayan perih.. hati"

kayaknya kalajengking ini banyaknya di jawa barat... coal nya pas tinggal di lampung ane gk pernah nemu binatang ini,... pas tingal di bandung ama subang... baru ane nemu binatang ini..

wah, baru saja saya menemukan tuh kalajengking yang mirip dengan ini, dan dia emang mengeluarkan bau seperti cuka, terus ane coba semprot dengan pengusir serangga, kira kira dia mati gak ya, cz aku cari di kolong tempat tidur gak ada

Cukup siram pake air panas gan, udah langsung koit hehehehe dan langsung kecium bau cukanya. Hanya referensi daripada bahaya di injek atau lama pake semprotan serangga, cukup gunakan produk air panas dari pt termos agan2 di rumah wkwkwkwk.

Pertama ngeliat hewan ini di kamar mandi. Awalnya sm nyokap ngeri bgt kaya kalajengking. Udah siemprot pake hit trs digetok sm sapu. Trs dia masuk ke dalem bak pewangi jd koit.
Eh pas gue searching tnyata ga berbahaya . nyokap langsung sedih&nyesel udah ngebunuh hewan itu-_-

ane juga nemu ni species, seru juga masih bisa ngeliat binatang langka yg dh hampir punah, eh ternyata diusia ane yg ke 30 baru liat binatang spt ni

Gan ad tips ga ? Gmn cranya supaya si Bau itu ga masuk ke rumah sy, soalnya sy fobia serangga. Apalgi kecoa/kalajengking. Ane semprot pake densinfektan, g kuat bau nya !

dikmr madi saya semlm baru saya semprotkan penyemprot serangga, pas saya mau ketok dilarang karena zat asam / bau yg dikeluarkan akan mengundang beberapa teman / saudaranya lagi alias akan berfotosintesis... dan ini dibenarkan oleh adik saya karena kebetulan kamar mandi kami terpisah ( beberapa kali saat dimatikan ) kalajengking cambuk ini berdatangan begitupun rumah teman saya.

Ni ketonggeng sering banget nongol di rumah dari yg udah gede sampe yang masih bocah.. Geli liat capitnya klo liat langsung ane pukul pake sepatu.. "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

Thanks atas infonya. Oh ternyata ga berbahaya toh? sempet PARANOID juga makanya lgs searching di google dan nemu blog ini. Kejadiannya baru aja tadi , pas lagi makan malam , tiba2 neh TAMU TAK DIUNDANG muncul depan ane. Karena ane lagi makan jadi ga gtu fokus ini kecoa apa kelabang apa kalajengking yah ? eh pas liat ada CAPITNYA , SHOCK gtu langsung spontan tinggalin makanan , buru2 kejar dan pites itu hewan sampe gepeng pake Kertas trus lapis sepatu Pantofel . Hmmm lgs Gepeng sih , trus ga nyadar ane lanjut makan lagi pake tangan . Ooops baru nyadar kalo tadi tangan bekas pitesin ini binantang , sempet parno tadi kira2 tembus ga yah cairannya.... HIkssss... dah ga sabar pengen buka google, pengen tahu beracun apa kaga . Eh pas baca artikel ini lumayan kebantu lah.. Thank you !

tadi malem waktu baru pulang kerja, masuk kamar nemu ini binatang di lantai, panjangnya sekitar 5 cm, anehnya kok bisa masuk kamar di lt.2.. sempet paranoid mikir jangan2.. guna2... langsung aja ane panggil sahabat ane namanya baygon.. cuzzzz... metong langsungg..
begitu cek mbah gugel baca artikel ini baru ngerti namanya ketonggeng... sorry ya bro ketonggeng.. rest in peace...

Gua baru nemu nih gan panjangnya 5 centi, nih lagi gua kurung di plastik dan gua buat nangkep nih hewan sekitar 30 menit karna gak jelas bentuknya ternyata namannya ketokeng toh tnks gan

Tika kost dmn .. Jgn2 1 kost an :D

Serius bau cukanya bikin temen2nya dateng? Tau gitu tadi ngga dipites :'(

Iya tuh. Pertama saya lihat, saya kira kalajengking, tetapi setelah memperhatikan baik-baik ternyata bukan, dan juga buntutnya tidak seperti buntut kalajengking, tapi bentuk badannya sangat mirip, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dari kalajengking. Bau cukanya mengingatkan saya pada film Alien. Aneh2 saja binatang di dunia ini, wkwkwkwkw.....

baru aja kemarin tangan saya menindih binatang ini...pantesan ruangan tiba2 bau cuka banget tapi saya baru sadar pas seperti ada yang bergerak di bawah lengan saya..beberapa detik setelah itu tangan saya(bagian yang menindih binatang tersebut) langsung terasa seperti terbakar dan hasilnya pun lengan saya ada seperti luka bakar karna cairan asam tersebut...

hiiiyyyyyy

beneran mau beli? gw punya nih :v

beneran mau beli? gw punya nih :v

barusan gue semprot nih pakai obat serangga, abis serem banget. takut beracun karena di rumah ada anak bayi, ternyata sebenarnya ngga beracun ya? maaf yaa, besok2 kl nemu lagi gue janji ngga akan matiin deh. gue menyesal karena ini serangga ternyata predatornya musuh gue si kecoa ..

Dirumah gua tepatnya di halaman belakang hampir setiap hari ada hewan ini nih, kadang muncul juga dikamar mandi kucing gua pantes doi anteng becanda kgk tau nya maen sm tuh hewan. Kirain beracun, makanya setiap nemu tuh hewan langsung gua getok alias dimatiin haha cuma bau nya itu loh asem banget.

Gua pernah digigit / dicapit entah lah istilahnya paan, pokoknya lg jalan nggk sadar kalo dikaki ada hewan itu, eh tiba2 udh kecium bau seperti cuka gitu, telapak kaki jd agak panas kyk kebakar trs pas gua liat nggk taunya ada luka kecil dikaki kyk luka bakar

Weh,awalnya dikirain walang sangit. Zejak baca blog ini zaya baru tau itu zpeziez kalajengking.Pernah nemu 2 dalam 1 tahun terakhir,kemarin minggu juga ada dimalam hari.Haruzkah dibuang,dibunuh,ato dibiarkan zaja?...

Weh,awalnya dikirain walang sangit. Zejak baca blog ini zaya baru tau itu zpeziez kalajengking.Pernah nemu 2 dalam 1 tahun terakhir,kemarin minggu juga ada dimalam hari.Haruzkah dibuang,dibunuh,ato dibiarkan zaja?...

Ooouuu bgtu toh jd ini kalajengking cambuk namanya. Tdk berbisa cuma cairannya bau asam dan bisa bikin kulit terbakarjuga yah. Td sy nemu g saya pites soalnya takut kyk kecoa yg isi perutnya bnyk bibit penyakit. Jd sy buang di kebon aja biar sama2 woles gehehehe

Nih hewan makan kecoa toh yah... Pantes wkt ane nemu nih hewan 2 ekor di kamar mandi, bbrp hari sblmnya banyak bangkai kecoa terpenggal2 di kamar mandi... Baunya nih hewan asem banget. Gara2 ga tau, dibunuh 2-2nya eh kamar mandi jd bau banget...

Kalau di tempat ane namanya koloupo

Klu kena capit lumayan bisa menyebabkan bengkak

Nih baru saja aku nemuin satu ekor di kamar mandi tanpa di sengaja,

pas lg mkn Sahur nemu satu... digetokk suami...
ehh pas isya nemu lg... digetok lagi...
Baca2 komen diatas, baunya mengundang temen2nya dtg juga toohh?? Haduuuhh...
Liat 1ekor aje parno seharian ga habis2...
Seperti bbrp komen diatas, gw udh mikir aneh2 aje.
mmm tetep hrs waspada capit/ekorny ya...

Oh ya gan, di edit donk artikelnya diatas, ttg bahaya capit/ekornya/ cairan yg bs bikin melepuh ky luka bakar.

Oh ya gan, di edit donk artikelnya diatas, ttg bahaya capit/ekornya/ cairan yg bs bikin melepuh ky luka bakar.

Ane juga nemu gan.. didepan rumah ane, langsung aja ane tangkep dan masukin ke plastik.. Waktu nangkep tadi sempet nyium bau cuka juga sihhh.. Btw hewan ini diperjual belikan atau tidak yah?

Terima kasih atas masukannya, artikel sudah di update

Hmm, daripada dijual mending dilepas aja kasihan. :D

Wah, ternyata ketonggeng punya id juga :D

Saya sudah lebih 10x nemu dikost saya, tp selalu t matiin,soalnya bentuknya ngeri n baunya bikin pusing

Baru aja nemu hewan ni d kamar mandi, gw kira berbisa gw getok aja pkek sendal

Baru tadi nemu hewan ni d kamar mandi,gw kira berbisa gw getok aja pkek sendal

pengen pelihara ketonggeng donk!
ada yang punya?? Cerita Hantu

Hampir setiap minggu nemu 1 di rumah orang tua saya di Bogor gan.... iya "cuka"nya bisa menimbulkan iritasi ringan di kulit gan saya pernah sekali kena dan cukup bikin gatal + panas

Saya sempat ketemu di rumah saya. Pas saya lihat ada capitnya, saya takut. Namun, setelah saya baca post ini. Saya lebih tenang. Rumah saya di jakarta

Saya sempat ketemu di rumah saya. Pas saya lihat ada capitnya, saya takut. Namun, setelah saya baca post ini. Saya lebih tenang. Rumah saya di jakarta

Baru 3 minggu nempatin rumah udah nemu 6, saya takut banget soalny punya anak bayi. Kalo ada yang mau sini .. Gratis!!!
Ini asalny dr mana ya ? Kayu busuk kah ?

Baru 3 minggu nempatin rumah udah nemu 6, saya takut banget soalny punya anak bayi. Kalo ada yang mau sini .. Gratis!!!
Ini asalny dr mana ya ? Kayu busuk kah ?

Baru 3 minggu nempatin rumah udah nemu 6, saya takut banget soalny punya anak bayi. Kalo ada yang mau sini .. Gratis!!!
Ini asalny dr mana ya ? Kayu busuk kah ?

baru nemuin panik pas pertama kali liat, alhasil ane getok dikit pake gagang sapu tapi gk sampe mati dan gk ngerusak struktur badannya itu hewan, gk lama ane getok keluar bau aneh gitu..ane foto, trus ane share di medsos, buat nanyain nama itu hewan tp gk ada yg tau, untung ketemu blog ini, jd tau nama itu hewan, dan untung gk berbahaya, nice info gan.

gwa baru ja nemu satu ditempat kerja. ada yg mau melihara gk dsini ane ksh grtis

Baru tau ternyata dia predatornya kecoa.. jd bingung milih yg mana, krn dua2nya sy ga suka 😊

gimana cara ngilanginya yaa gan walaupun tidak berbahaya tapi saya takut...soalnya di rumah saya banyak nihh binatang yg begitu..mohon d rep yaa..

Akhirnya tau jga gw namanya, dri dlu srg bgt ngeliat keliaran

Gw kira antara kecoa sam kalajengking nikah, trus lahir deh si kecubung capit

Biar ga dtg lagi si binatang capit ini, gmn caranya?
Thanks

Ane di cibubur.. seumur2 baru ini nemu dlm rmh. Bbrp bln yg lalu. Sampai skrg ga nemu lagi. Nemu jg kalajengking jenis kecil. Yg ga bisa besar. Bgmn yg ini.... ada info.

dikamar mandi sering muncul itu kalo lagi mandi jadi serem, kadang malah suka keluar dari kamar mandi (kamar mandi didalam kamar) karena takut ngebunuhnya (antara takut dan jijik) jadi aku timpa pake barang berat aku buka lagi kalo udah bener2 mati baru aku buang. tp ngga pernah abis itu binatang :((((((

Makasih infonya...bermanfaat

Saya Menemukan Setiap Banjir di Kamar Mandi dan Mengoleksinya Sampai saat ini ada 10 buah, Saya mau mengoleksinya lebih banyak lagi untuk dijual kan untung

Masukkan komentar Anda...itu binatang emang mengerikan bngt sama kaya kalajengking tp klo emang ga terlalu bahaya syukur dah tetap hrs waspada juga buat anak kecil yang mau ke toilet atw kamar mandi. klo boleh saran lbh baik di ksh kamper aj di sudut-sudut kamar mandi.

Masukkan komentar Anda...ooh ketonggeng nama'a,, walaupun tidak berbahaya tetap waspada untuk anak kecil jika mau masuk ke kamar mandi takut terkena capit atw sengat'a karna kekebalan anak di bwh umur tidak sama dengan dewasa, lbh baik taro kamper aj di sudut-sudut kamar mandi atw wc.

gila ini banyak banget di rumah gw. baunya bikin mau muntah :( kamar udh gw semprot parfum masih aja bau!

gua baru aja matiin 1... masuk baju gua soalnya

This comment has been removed by the author.
This comment has been removed by the author.

kak, msih ad kalajengking cambukny? klo masih sy mau

Di rumah saya disebut cuka-cuka, tp setelah tahu dia melawan kecoak, saya biarkan saja. Hewan ini nggak agresif, cuma keluar bau cuka kalau merasa terancam..

aduh ni ketonggeng...banyak banget dirumah ane, dari anaknya sampe bapaknya....anak kalo liat jerit..papah ada kalajengking...ane ketok bau asem banget...kalah kaos kaki yang baru dibuka,......

Terima kasih atas info nya

oh keluarga kalajengking ternyata
gokil nih binatang baunya
kalau nongol secara tiba tiba di kmr gue dah sring bgt muncul
udah jalan nya santai bgt nih ketonggeng
kirain nih binatang jadi jadian atau kiriman org jahat awalny tampang ny itu sangat misterius dan menyeramkan bahkan lebih seram dari kalajengking

D kosku buanyaaakkk banget..Aq udh bunuh 5 lebih..karena takut..gedhe2 pula..di daerah solo..

Alhamdulillah ane baru dapet 1 jenis ketonggeng raksasa,, klo mau boleh dibls aja di thread ini,, tq

Kucing ane baru saja menyentuh binatang ini dan sekarang tangannya bau vinegar menyengat dampai menusuk kelabu. Semoga aja dia gak digigit kesian kan kalo tangannya sampe panas2. Dan semoga bau asem ya nggak ngundang apa2 buat ngadain reuni akbar di rumah ane.

Barusan nempel di kaki saya gan, sangat shock dan takut, tak kira laba2 tau nya kalajengking, saya geprak aja pake sapu lidi,lgsg mengeluarkan bau yang bikin pusing.tak bawa keluar aja tak gecek pake sendal sampai koid.... mau tidur jadi takut tidur _-

thanks baget infonya gan. di rumah ane sering banget muncul awalnya ane kira spesies serangga baru eh ternyata kalajengking cambuk alias ketonggeng.

oalah baru sempet search nihh, hewan kecil kecil didepan rumah dan biasa masuk ke kamar mandi itu kalajengking cambuk tohh...
hihihiii, dan ini banyak yaaa-_-sampe ada bekas tanah galian gitu.. tapi gapapa selma ga ngebahayain apalagug bisa jadi pembasmi serangga seperti kaki seribu dan kecoa... Thanks banget infonyaaaa

Hahaha....
Di rumh ane bnyak Gan.

bener gan,gak beracun ni serangga?.Banyak yg bilang ekor nya beracun banget...ada sengatnya gitu...

nih.......
waktu tahun 2012 saya holiday ke jogja dan nginap di losmen. suatu hari (paginya) aku ke kamar mandi, gak taunya kakiku kegigit ketonggeng padahal aku gak rasa apa2. tapi 30 menit kemudian jempol kaki ku jadi bengak banget dan aku tidak bisa jalan2 juga. dan lama2 aku sampai jadi demam (40,2 drjd)......dan aku belom tau karena kenapa. Aku di bawa ke klinik, dan katanya "infeksi kulit" dan aku di kasih obat antibiotika. aku balik ke losmen dan kata anak ku aku kegigit ketonggeng. kok bisa aja ya .....dan aku tidak bisa jalan dan jadi demam juga.

Cara basmi kecoa ketonggeng dan temen2 yg lainnya gmna :(
Aku takut sm hewan yg ky gtu :(

apalagi rumah ane,sampe jijik liatnya,hadeh

apalagi rumah ane,hadeh sampe jijik liatnya

Jaga kebersihan rumah :D

"Unlike the more common arachnids Whip Scorpions have no poison glands and their chelicerae are not chelate (i.e. they do not work like pincers as they do in many other arachnids) and kill their prey by crushing them"[1]

"Whip scorpions have no poison glands, but they do have glands near the rear of their abdomen that can spray a combination of acetic acid and octanoic acid when they are bothered" [2]

source :
[1]http://www.earthlife.net/chelicerata/whipscop.html
[2]http://arachnology.org/arachnology/orders/thelyphonida.html

Dari sumber2 tersebut katanya tidak beracun :D
cuma tetap hati2 ya kalau mungkin kulit ada alergi dengan cuka yang nyentuh ke kulit agan

"Unlike the more common arachnids Whip Scorpions have no poison glands and their chelicerae are not chelate (i.e. they do not work like pincers as they do in many other arachnids) and kill their prey by crushing them"[1]

"Whip scorpions have no poison glands, but they do have glands near the rear of their abdomen that can spray a combination of acetic acid and octanoic acid when they are bothered" [2]

source :
[1]http://www.earthlife.net/chelicerata/whipscop.html
[2]http://arachnology.org/arachnology/orders/thelyphonida.html

Dari sumber2 tersebut katanya tidak beracun
cuma tetap hati2 ya kalau mungkin kulit ada alergi dengan cuka yang nyentuh ke kulit agan.

Mungkin dia ngilang kayak jin ya gaN hehe.
Tadi saya juga nemu hewan ini. Pas mau dibuaNg pake sapu tiba2 jadi ada dua ketonggengnya. Aneh bin ajaib ..

kayanya tergantung deh lampungnya lampung mana dulu. coz aku tinggal dibdr lampung, ada aja nih klajengking di rumah aku

Walau ga berbahaya tetep aja geli liatnya , tak semprot pakai baygon tetep gak mati ya kyk kecoa yg kelojotan kalo disemprot . Ini tetep tenang2 aja

Walau ga berbahaya tetep aja geli liatnya , tak semprot pakai baygon tetep gak mati ya kyk kecoa yg kelojotan kalo disemprot . Ini tetep tenang2 aja

Barusan aja ane bunuh 2 hewan ini d kamar mandi .. semprot pakai vape.. sampai bau nya suedep...